Kamis, 18 Desember 2014

ARSITEKTUR MODERN


       Saat ini sudah banyak arsitektur modern yang dibangun di Indonesia, mulai dari gedung komersil sampai rumah tinggal menerapkan arsitektur bergaya modern. Itu dikarenakan factor perkembangan budaya, wawasan dan gaya hidup. 

     Le Corbusier adalah salah satu arsitek yang menerapkan arsitektur bergaya modern, ia berpendapat bahwa “ornament is a crime”, adanya teori ini karena adanya keinginan untuk melepaskan diri dari penggunaan ornament dengan berprinsip bahwa tanpa ornament bangunan bisa tampak lebih indah. Ia yakin bangunan bergaya modern ini dapat menjadi solusi dalam menaikkan kualitas hidup untuk orang kelas bawah. Dengan begitu, arsitektur bergaya modern mempunyai ciri khas dan perbedaan dengan gaya arsitektur lainnya.

        Gaya arsitektur modern memiliki prinsip Form Follow Function, yakni lebih mengutamakan fungsi untuk membentuk bangunannya. Dengan meminimaliskan ornament tetapi tidak mengurangi keindahan pada bangunan yang bergaya arsitektur modern.

        Dilihat dari bentuk fasadnya, sebagian besar arsitektur modern menggunakan bentuk dasar geometris. Garis vertical, horizontal dan diagonal pun mendominasi pada dekoratif arsitektur bergaya modern. Hal itu membuktukan bahwa arsitektur gaya modern lebih banyak menggunakan jendela yang berukuran tinggi dan lebar dengan list beton horizontal diatasnya menyerupai kanopi yang menjorok ke depan.

         Masuk ke interior, bangunan gaya modern mempunyai prinsip meminimalisir penggunaan pembatas ruang, lebih bersifat meneruskan ruang dan menjadikan terlihat luas, jika diterapkan pada bangunan komersil dan tampat perbelanjaan biasanya diberikan void yang luas. Untuk rumah tinggal biasanya para perancang menggunakan teknologi bahan sebagai pembatasnya. Selain itu penggunaan furniture juga menggunakan bentuk-bentuk yang sedikit ornament. 

Dilihat dari penggunaan bahannya, bangunan bergaya arsitektur modern lebih banyak menggunakan bahan-bahan dari stainless dan kaca.

     
           Dari ciri-ciri yang sudah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan arsitektur bergaya modern cocok dibangun di tengah perkotaan sebagai icon atau vocal point pada daerah tersebut. Selain itu dapat memberikan informasi tentang keadaan kualitas hidup masyarakat di daerah itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar