Rabu, 29 April 2015

Saya Bangga menjadi Warga Negara Indonesia


Indonesia, negeri yang penuh dengan keanekaragaman budaya serta keindahan alamnya. Saya bangga berdomisili dan menjadi penduduk tetap disini. Banyak hal yang saya senangi disini, walau masih menjadi Negara berkembang, tapi saya yakin Indonesia bisa menjadi Negara yang hebat jika semua rakyatnya bersatu dalam mewujudkannya. Kali ini, saya akan menuangkan apa saja yang membuat saya menjadi bangga menjadi warna Negara Indonesia. Diantaranya dari segi penduduknya, geografisnya, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuat saya ingin menjadi bagian dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terdiri dari banyak pulau dan kebudayaan yang beragam tetapi tetapi rakyat Indonesia mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Yang membuat saya bangga salah satunya adalah dari segi penduduknya. Penduduk di Indonesia itu banyak sekali yang ramah dengan orang lain walaupun ia tidak mengenalnya. Salah satu contoh waktu saya sedang melakukan survey lokasi di daerah bogor dan tibalah waktu untuk solat zuhur tetapi pada saat itu sedang hujan deras, saat itu saya dan tim sedang berteduh di salah satu rumah warga. Dan seketika penghuni rumah tersebut menawarkan kami untuk solat di rumahnya, penghuni itu sangat ramah dengan kami yang belum ia kenali. 
Selain itu penduduk Indonesia juga mempunyai jiwa bergotong royong, baik bergotong royong dalam bidang kesejahteraan masyarakat, pendidikan, pangan, kesehatan, kebersihan, dan lain-lain. Contoh gampangnya yaitu pengadaan siskamling di malam hari atau yang sering disebut dengan ronda, inilah salah satu dari gotong royong warga Indonesia dalam keamanan. Selain itu jiwa silaturahami yang kuat antar setiap keluarga, contohnya saat hari raya Idul Fitri banyak warga yang berkunjung kerumah tetangga dan sanak saudara serta bukan hanya itu saja tetapi jug sering bertegur sapa dengan para tetangga. 
Saya bangga karena disini banyak makanan walau sudah malam hari, ketika saya sedang membutuhkan makanan dimalam hari, saya tak perlu repot-repot mencarinya jauh-jauh. Itulah bedanya Indonesia sampai malam pun masih ada saja pedagang makanan keliling.
Tidak hanya dari segi penduduknya, saya juga bangga dengan Indonesia akan geografisnya. Iklim yang tropis pun membuat saya betah tinggal disini. Dengan kekayaan alamnya yang sangat indah tidak kalah indahnya dengan Negara yang lain. Banyak wisatawan dari luar Negara Indonesia yang berkunjung kesini hanya untuk menikmati keindahan alam Indonesia yang tidak mereka temukan ditempat lain. Mulai dari pesisir pantai sampai pegunungan Indonesia mempunyai banyak keindahan alamnya. Dan saya pun merasa sedih karena belum tercapai keinginan untuk berkeliling wilayah Indonesia.
Penduduk, Geografis, dan yang membuat saya bangga lagi yaitu dari kebudayaannya. Banyak sekali keanekaragaman budaya Indonesia. Dari tarian, rumah adat, pakaian adat, lagu daerah, adat-istiadat, dan lain-lain. Orang-orang Indonesia itu kreatif, apapun yang ada di bumi bisa mereka jadikan sebagai pemenuh kebutuhan mereka.  Sikap mempercayai nenek moyang pun masih diwariskan, sebagai salah satu contohnya ketika saya berkunjung ke daerah gunung Bromo (Kota Malang) disana saya menemukan banyak sesajen di sepanjang pinggir jalan. Bagi saya hal itu mempunyai keunikan tersendiri. Tidak hanya itu berbagai tarian adat juga berbagai macam namanya, saya pernah mempelajari tarian Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Dan saya merasa ingin mempelajari tarian adat yang lainnya juga. Dan hal itu menjadi bagian atas apresiasi saya terhadap kebudayaan di Indonesia. 
Banyak hal yang membuat saya bangga akan Negara Indonesia, saya sangat berharap Negara Indonesia tidak melunturkan hal-hal yang saya banggakan tersebut.
 Saya cinta Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar