Rabu, 17 Juni 2015

Laporan Maket Uma Lengge Wawo Sumbawa #2

* Lanjutan dari content pada link http://putrianindyaa.blogspot.com/2015/06/laporan-maket-uma-lengge-wawo-sumbawa-1.html
 
1.2 Maket Uma Lengge Wawo Sumbawa
 1.2.1. Tema
Berkaitan dengan tugas mata kuliah pendidikan pancasila yaitu pembuatan maket dengan bahan daur ulang. Maka kami memutuskan dan menentukan tema “Rumah Adat Tradisional” dengan menjadikan rumah adat suku Bima Uma Lengge Wawo di Sumbawa sebagai bangunan yang kami jadikan maket. Alasan kami memilih tema dan menentukan objek bangunan karena arsitektur tradisional di Indonesia tidak kalah menarik dengan jenis arsitektur lainnya, selain itu arsitektur trasdisional Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang membuat jiwa estetika dalam bangunan tersebut menjadi terasa sangat melekat. 

1.2.2. Material
Berdasarkan kriteria tugas yang diberikan bahwa membuat maket dengan menggunakan bahan daur ulang, maka kami mengumpulkan dan mencari bahan-bahan bekas yang masih layak pakai untuk digunakan pada maket Uma Lengge Wawo kami. Bahan-bahan tersebut diantaranya:
1. Sterofoam bekas

2. Gabus bekas pot bunga plastik
3. stik kayu bekas es krim
4. sumpit bekas
5. ijuk bekas sapu
6. softboard dan hardboard bekas
7. dll.
Alasan kami menggunakan bahan-bahan tersebut karena bentuk dari bahan tersebut sangat sesuai dengan bahan-bahan yang kita butuhkan serta mudah didapatkan.

1.2.3. Tujuan dan Manfaat
Tujuan kami memilih Uma Lengge Wawo yaitu mengajak untuk lebih mengingat kembali kekayaan budaya arsitektur yang ada di Indonesia. Selain itu tujuannya adalah untuk lebih mengenal ciri khas arsitektur Uma Lengge Wawo.
Manfaatnya yaitu kita lebih bisa mengapresiasi kebudayaan arsitektur Indonesia, memperbanyak ilmu tentang arsitektur tradisional, serta melestarikan rumah adat Sumbawa.

1.2.4. Pembagian Tugas
Annisa Ria Tri Yunita : Membuat maket dan menyediakan peralatan
Annisa Suryani Fitrah : Membuat maket dan membuat pepohonan
Bunga Siti Nur Aini : Membuat maket dan menggunting-gunting
Kanthi Asih Gusti : Membuat maket dan merekatkan komponen-komponen
Ryka Ariyani : Membuat maket dan menyediakan bahan-bahan maket
Siti Anindyamina Putri : Membuat maket dan membuat laporan.



1.2.5. Dokumentasi pembuatan maket Uma Lengge Wawo


 


BAB III
KESIMPULAN
DAN PENUTUP 

1.      KESIMPULAN
Setelah kami melakukan pendalaman dan penggalian terhadap berbagai referensi dalam pembahasan laporan maket ini, berdasarkan pembelajaran dan pendalaman pembuatan maket ini kami dapat menyimpulkan ke dalam beberapa point utama sebagai berikut:
·         Rumah adat Uma Lengge Wawo mempunyai keunikan tersendiri.
·         Dalam pembuatan maket harus mempunyai ketelitian.
2.      PENUTUP
Demikianlah laporan ini, jika ada kata salah atau ada kutipan kata dari website atau suatu buku yang tak kami masukkan dalam reference laporan ini. Kesempurnaan hanya milik Allah, oleh karena itu kami minta saran dan kritik untuk lebih baik dalam membuat laporan praktikum ini.




http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur
http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_Indonesia
Mangunwijaya dalam Budihardjo,  1996: 61
Eko Budihardjo, 1996: 147


* Lanjutan dari content pada link http://putrianindyaa.blogspot.com/2015/06/laporan-maket-uma-lengge-wawo-sumbawa-1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar